July 24, 2021 By eglima.org 0

3 Manfaat Ajarkan Doa Ketika Turun Hujan pada Anak

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi di negara kita. Hujan dapat turun dalam intensitas kecil, yaitu gerimis, hingga badai. Seringkali jika hujan besar turun anak-anak akan ketakutan. Di saat seperti ini akan baik jika mengajarkan doa ketika hujan untuk mengatasi ketakutan si kecil. Berikan doa pendek sehingga akan lebih mudah diingat anak dan membantunya mengatasi ketakutan saat hujan. 

Membaca Doa Ketika Turun Hujan

Hujan merupakan fenomena alam yang tidak dapat dihindari dan pasti terjadi. Jadi, orangtua harus membantu anak agar bisa berdamai dengan hujan dan tidak takut dengan mengajarkan doa yang baik dibaca saat hujan. Selain menghilangkan ketakutan anak pada hujan, ada banyak manfaat lain mengajarkan doa-doa ketika turun hujan kepada anak. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mengajarkan pada Anak Bahwa Hujan Adalah Rahmat

Hujan turun ke muka bumi sebagai rahmat Allah SWT dan hal ini patut diajarkan kepada anak. Beritahu anak bahwa tidak selalu hujan turun sebagai penyebab bencana, tapi juga sebagai rahmat. Misalnya, saat musim kemarau hujan turun sebagai pemberi kesejukan bagi umat manusia dan mengatasi masalah kekeringan.

 

Anda harus memberikan informasi yang jelas dengan cara yang baik agar anak mengerti bahwa hujan bukanlah salah satu fenomena alam yang harus ditakuti. Walaupun dalam beberapa kondisi hujan mungkin menjadi penyebab bencana alam. Namun, bencana terjadi oleh sebab kesalahan manusia sendiri.

Ajak anak berdoa saat hujan agar ketakutannya mereda sembari memberitahukan mengenai manfaat hujan. Selain itu, berikan pengetahuan bagaimana hujan yang sebenarnya rahmat bisa menjadi mudharat bagi manusia.

  • Mengajarkan Anak Agar Tidak Takut pada Angin Kencang dan Petir

Hujan yang turun dengan deras seringkali disertai angin kencang dan petir. Keduanya seringkali membuat si kecil takut, di saat seperti ini orangtua bisa mengajak anak melantunkan doa ketika hujan agar rasa takut anak menghilang. 

 

Dengan doa yang baik dan benar Anda bisa menghilangkan ketakutan anak terhadap petir sekaligus mengajarkan bahwa halilintar yang berbunyi menggelegar sedang bertasbih kepada Allah SWT, bukannya tengah menakut-nakuti manusia. 

  • Mengajarkan Anak untuk Bersyukur

Doa tidak hanya bisa dilakukan saat hujan turun, tapi juga ketika hujan mulai mereda. Anak bisa belajar bahwa hujan merupakan sumber kehidupan dan Allah memberikannya agar manusia dan makhluk hidup lainnya dapat bertahan hidup sehingga patut disyukuri. Mengajarkan anak bersyukur semenjak dini akan menghindarkannya dari sifat kufur.

Dengan mengajarkan anak doa ketika hujan bukan hanya menghindarkannya dari merasa takut, tapi juga memberikan pelajaran agar anak senantiasa bersyukur atas rahmat yang diberikan Allah SWT. Ingin tahu lebih banyak artikel parenting Islami? Anda bisa berkunjung ke laman Orami.co.id.