April 7, 2021 By eglima.org 0

Gunung Bromo Salah satu Gunung Terindah di Dunia

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif

yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini mempunyai ketinggian 2. 329 m di atas permukaan laut serta terletak dalam 4 daerah kabupaten, ialah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, serta Kabupaten Malang.

Gunung Bromo populer selaku obyek wisata utama di Jawa Timur Tidak hanya sebab pemandanganya yang amat sangat luar biasa pula sebab Wujud badan Gunung Bromo bertautan antara lembah serta ngarai dengan kaldera ataupun lautan pasir seluas dekat 10 km persegi paket wisata bromo .

Gunung Bromo pula memiliki suatu kawah dengan garis tengah┬▒ 800 m( utara- selatan) serta┬▒ 600 m( timur- barat). Sebaliknya wilayah bahayanya berbentuk bundaran dengan jari- jari 4 kilometer dari pusat kawah Bromo.

Seperti itu sebabnya siapapun turis yang tiba kegunung Bromo hendak takjub memandang keelokan yang amat sangat luar biasa serta berbeda dari panorama alam gunung manapun.

Untuk penduduk dekat Gunung Bromo ialah suku Tengger, Gunung Bromo sendiri dipercaya selaku gunung yang suci. Setahun sekali warga Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada ataupun Kasodo. Upacara ini bertempat di suatu pura yang terletak di dasar kaki Gunung Bromo serta dilanjutkan ke puncak Bromo.

Baca Juga : Mengapa Anda Tidak Perlu Khawatir Tentang Rayap di Rumah Anda

Upacara diadakan pada tengah malam sampai dini hari tiap bulan purnama dekat bertepatan pada 14 ataupun 15 di bulan Kasodo( kesepuluh) bagi penanggalan Jawa. Dikala upacara ini hendak begitu kental nuansa adat tradisi serta wisata yang menempel pada Gunung Bromo.